Friday, April 4, 2008

10 Pola Hidup Sehat

10 Pola Hidup Sehat


10 Pola Hidup Sehat


Umumnya, kebanyakan orang sadar harus memiliki pola yang seimbang dalam hidup. Mengkomsumsi buah dan sayuran merupakan salah satu cara sehat. Namun berdasarkan hasil riset laboratorium hanya beberapa yang benar-benar memberikan keuntungan bagi kesehatan. Di antaranya adalah:


1. Komsumsi buah atau sayuran yang berwarna kuning atau oranye. Riset menunjukkan buah dan sayuran yang mengandung beta carotene bisa terhindar dari sejumlah kanker dan serangan jantung.


2. Jika Anda menderita diabetes, komsumsi Vitamin C karena menelan 1.000 miligram vitamin ini per hari selama 4 bulan bisa berpengaruh terdapat kadar kolesterol LD, triglycerides dan insulin.



3. Gemarilah tomat karena memiliki caretonoid yang tinggi. Studi terhadap 88 biarawati yang berusia 77 - 98 tahun menunjukkan level lycopene yang tinggi daalam darah bisa turun dengan bantuan carotenoid. Dalam penelitian terbaru, orang yang mengkomsumsi tomat setiap hari, memiliki risiko rendah terserang kanker prostat dan usus besar.


4. Sering-sering memakan strawberry karena memiliki antioksidan karena buah ini mengandung vitamin C dan E, carotenoid, flavonoid dan beberapa lainnya.


5. Pilih buah-buahan segar setia hari karena berdasarkan penelitian di Inggris, ternyata bisa mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, stroke dan penyakit lainnya yang berbahaya.


6. Tambahkan kismis dalam cemilan Anda. Efek yang sama juga diperoleh jika mengkomsumsi anggur. Sekitar 1,5 ons kismis sama dengan satu cangkir anggur.


7. Jangan biarkan anak-anak Anda mengkonsumsi jus vitamin C terlalu banyak. Berikan hanya satu gelas setiap hari. Vitamin C tak banyak mengandung protein, lemak dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan anak-anak. Kalorinya juga lebih rendah daripada susu dan makanan lainnya.


8. Jangan hindari bioflavoniodBioflavonoid ternyata bisa menetralisir koleterol LDL dan mengurangi kecenderungan sel darah merah bergumpal dan menutup arteri. Bioflavoniod banyak ditemukan di hampir semua tanaman, termasuk buah dan sayuran.


9. Vitamin C bisa mencegah kanker mulut, tenggorokan, lambung dan usus yang disebabkan adanya pengawet dalam sejumlah makanan. Selain itu vitamin C juga mempertahankan sistem kekebalan tubuh.


10. Makanlah lima porsi sayur dan buahan dalam sehari. Tampaknya sulit namun sebenarnya bisa dimulai dengan pisang dan jeruk saat sarapan pagi. Kemudian, temukan buah-buahan dalam berbagai olahan.

Comments :

5 comments to “10 Pola Hidup Sehat”

Makasih ya infonya.

iva said...
on 

thx infonya.. lengkap dan ga bertele-tele...

Amanda said...
on 

Thx bgt..... Infonya menarik lho......

Anne said...
on 

ya ya saya setuju

Hariy said...
on 

makasih banget tipsnya!

lissiani said...
on 

Post a Comment