Wednesday, August 6, 2008

Mengatasi Morning Sickness

Mengatasi Morning Sickness


Di awal kehamilan, Anda dan banyak perempuan lain kerap dilanda morning sickness. Selain mual, muntah, pusing, dan tak enak badan, secara psikologis emosi Anda pun akan sedikit terganggu.


Agar hari-hari Anda tak selalu diawali morning sickness berkepanjangan, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan.


1.      Usahakan mood atau perasaan Anda selalu baik, sejak bangun tidur di pagi hari. Segarkan tubuh Anda segera setelah bangun tidur agar tidak lekas letih.


2.      Perbanyak minum air putih. Jika tidak terlalu mual, jangan lupa minum susu. Sebagian besar wanita hamil muda memang cenderung "benci" susu, telur, atau daging.


3.      Makanan mana yang cocok? Yang asin, gurih, renyah, manis, bertekstur lembut, panas, atau dingin? Jangan terlalu khawatir, yang perlu diperhatikan adalah kandungan kalorinya. Pilih makanan berkalori rendah dan menyehatkan. Misalnya sup atau kentang panggang.


4.      Beberapa makanan dan minuman ringan yang masih dapat dikonsumsi wanita hamil muda antara lain cracker, es jeruk, teh peppermint, ginger tea dengan madu, permen jahe, atau jus pepaya.



5.      Cobalah makan beberapa suap makanan yang mengandung protein tinggi, lakukan 2 jam sekali. Jangan makan dan minum di waktu bersamaan agar tak cepat mual dan kenyang.


6.      Jika sering mual dan muntah ketika mencium bau-bauan yang tajam, hindari berdekatakn dengan asap rokok, polusi kendaraan, dan menggunakan parfum atau pengharum ruangan berlebihan.



7.      Hindari stres dan membebani pikiran dengan masalah yang berat. Jangan banyak mengeluh dengan kondisi ini, karena Anda tidak sendirian! Relaks dan berbaringlah jika tubuh sudah terasa letih.
Sumber : intan

Comments :

1

Wahhh... tetanggaku dulu suka minta sate daging gajah... dimana bisa dapatnya.
heeehheheee
Salam

Sjahrir Hannanu said...
on 

Post a Comment